Cara Menguji Keaslian Batu Giok

Selama bertahun-tahun, batu giok telah menjadi batu perhiasan yang didambakan banyak orang. Bentuk dan warna batu ini memberikan kesan yang indah dan mewah pada perhiasan. Batu giok tersedia dalam berbagai warna, mulai dari hijau, putih, lavender, kuning, merah. Teksturnya pun berbeda-beda tergantung pemrosesan batu.

Anda tentunya ingin membeli batu giok yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga asli, sehingga sangat penting untuk tahu kiat-kiat mengetahui apakah suatu batu giok asli atau tidak. Berikut adalah trik untuk bisa membedakan sendiri batu giok asli dengan palsu.

1. Cek Warna dan Tekstur Batu

Tampak fisik batu giok asli biasanya tidak 100% padat atau transparan, tetapi perpaduan antara keduanya. Batu giok asli biasanya memiliki warna terang dengan tekstur yang licin seperti kilauan air. Jika warna terlihat tumpul, ada kemungkinan batu giok tersebut palsu.

Selain itu, batu giok yang asli biasanya memiliki permukaan yang tidak sempurna, seperti adanya bentuk yang tidak merata. Batu giok yang terlalu sempurna biasanya patut dicurigai sebagai batu giok palsu. Namun, Anda tetap harus pintar membedakan batu palsu yang terlalu sempurna dengan batu yang memang berkualitas tinggi.

2. Cek Berat Batu

Batu giok asli memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, sehingga akan terasa berat di tangan Anda. Anda bisa mengetes keaslian batu giok dengan melemparkannya di atas tangan Anda untuk mendapatkan perkiraan berat batu tersebut.

3. Cek Apakah Batu Terasa Dingin

Batu giok asli memiliki permukaan yang dingin, sehingga pastikan batu tidak terasa hangat sebelum Anda membelinya. Tempelkan batu giok pada kulit Anda selama 1–2 menit untuk memastikan rasa dinginnya tidak hilang, karena batu giok asli akan tetap terasa dingin meskipun telah bersentuhan dengan kulit.

4. Gores dengan Kuku

Cobalah menggores batu giok dengan kuku untuk melihat apakah batu mudah tergores atau tidak. Anda juga bisa menggunakan benda tajam seperti gunting atau pisau untuk menggoresnya. Jika ada bekas goresan, kemungkinan batu tersebut palsu, karena batu giok asli bersifat terlalu keras sehingga tidak mudah tergores.

5. Bandingkan dengan Batu Giok Asli

Jika Anda sudah pernah memiliki batu giok asli, Anda bisa gunakan batu tersebut untuk dibandingkan dengan batu yang akan Anda beli. Ketuk kedua batu pada satu sama lain. Batu giok asli akan menghasilkan suara benturan yang dalam ketika diketuk, berbeda dengan batu giok palsu yang akan terdengar seperti plastik.

6. Kunjungi Ahli Emas dan Permata

Terakhir, untuk benar-benar memastikan keaslian batu giok, Anda bisa mengunjungi ahli emas dan permata terdekat untuk mengetes batu Anda. Mereka biasanya memiliki alat-alat yang dibutuhkan untuk menguji keaslian batu giok secara akurat.

Anda juga bisa menanyakan estimasi harga batu yang Anda miliki untuk mengetahui seberapa bernilai batu tersebut.

Itulah beberapa trik untuk memastikan keaslian batu giok. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik, terutama ketika batu giok yang akan dibeli harganya mahal. Untuk menghindari batu giok palsu, Anda bisa membeli batu giok asli pada toko terpercaya. Anda bisa mendapatkan beragam batu giok asli di https://www.blibli.com/brand/adlv.